Masih Menjamur! Viral Oknum Polisi Lakukan Pungli ke Sopir Truk

-

Tindakan pungutan liar (pungli) tampaknya masih marak terjadi di Indonesia. Seperti yang direkam oleh seorang netizen yang tengah mengendarai truk. Dia berhentikan oleh oknum polisi dan dimintai soal 'setoran' uang. 


Video pungli yang dilakukan oknum polisi itu disebarkan oleh akun Andi Satria dalam akun Facebooknya. Terlihat sopir truk merekam aksi pungli yang disebutnya sering dilakukan oleh oknum. 



"Nih ada lagi. Ada pemerasan dari kepolisian," kata sopir sambil mengendarai truknya. 



Tak berapa lama kemudian, truk itu berhenti. Sopir membuka pintu dan langsung disambut oleh oknum polisi yang bertanya kepadanya sambil merokok. 



"Ketemu siapa?" tanya oknum itu.



"Cecep pak," jawab sopir. 



"Berapa ngasih Cecep?" kata oknum polisi itu lagi. 



"Tadi Rp 50 ribu pak," ujar sopir. 



Setelah itu, keduanya saling bercakap dalam bahasa daerah. Usai menanyakan soal duit setoran, sopir mengambil uang sekitar Rp 100 ribu dari dompet dan memberikan kepada oknum polisi itu. 



Oknum tersebut kemudian menutup pintu truk. Sopir pun kembali melanjutkan perjalanan sambil memberi tahu bahwa praktik pungli memang kerap terjadi di wilayah yang tidak ia sebutkan itu.



"Lihat kan? Pasti itu. Makan duit haram," kata sopir menyindir. 



Video viral ini sudah mendapat 7.200 respon di Facebook dan diunggah ulang oleh beberapa akun. Warganet mendesak polisi yang melakukan pungli untuk diusut, begini beberapa komentarnya:



Sukarnadi Ajam: Inilah yg namanya Pungli yang dilakukan oleh oknum Polisi.



Zank Wildan: Usut saja boss biar tahu rasa tuh oknum yang seperti itu harus dibereskan biar citra polisi tidak buruk dimata masyarakat..Oknum seperti itu yang menjadikan citra polisi sebagai penegak hukum menjadi jelek di mata masyarakat.



Puja Maholtra: Di Brebes juga masih ada pungli, exit tol pejagan banyak truk besar kneknya pada turun dan masuk ke pos pol



Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan AKBP M Rifai membenarkan kejadian tersebut terjadi di wilayahnya



"Betul. Terhadap kedua anggota sudah dilakukan tindakan disiplin," ujar Rifai kepada detikcom, Senin (14/8/2017).

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Dreamteknopedia. Diberdayakan oleh Blogger.