Ketika LAPAN Mencoba Menyadarkan Kaum Flat Earth

-

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pernah menjelaskan kepada pendukung Teori Bumi Datar, bahwa bumi itu bulat. Caranya sederhana lho.


detikcom menghubungi Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin untuk mengenang momen pertemuan dan diskusi antara LAPAN dan komunitas Bumi Datar. Pertemuan itu dulu berlangsung pada 30 Desember 2016, direkam videonya dan bisa ditonton di Youtube.

"Flat Earth terutama tidak percaya pada gravitasi dan mekanisme gerhana. Saya jelaskan teori dan bukti nyatanya," kata Thomas, Jumat (28/7/2017).

Tidak perlu ribet-ribet, ternyata caranya sederhana. Thomas menjelaskan soal keberadaan satelit yang selama ini digunakan untuk telekomunikasi, data dan siaran TV.

"Keberadaan satelit menjadi bukti gravitasi itu ada," kata Thomas.

Kenapa pembuktian gravitasi ini penting? Menurut Thomas, kalau gravitasi itu ada, itu artinya Bumi pasti berbentuk bulat.

"Konsekuensi adanya gravitasi adalah bumi yang berbentuk bulat," jelas Thomas.

Thomas juga sering meladeni pendukung Bumi Datar di akun pribadinya dan laman Facebook LAPAN. Salah satu cara untuk menjelaskan bumi itu bulat adalah dengan mengajak mereka melihat foto citra satelit seperti Himawari-8, Meteosat VISSR, Meteosat SEVIRI, GOES East, dan GOES West.

Hmmm, sebenarnya kalau mau usaha, tidak susah ya membuktikan bumi itu bulat. Karena data dan foto sudah tersedia online. Suasana diskusi LAPAN dengan kelompok Bumi Datar bisa ditonton di sini:


sumber :detik
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Dreamteknopedia. Diberdayakan oleh Blogger.