Tipe-Tipe Dosen Favorit Mahasiswa Yang Wajib Diperjuangkan

-
Dosen adalah profesi yang  menarik. Frekuensi ketemu dengan mahasiswanya yang tidak intens, dan karakter mereka yang luar biasa beragam dari latar yang berbeda-beda tersebut membuat menarik untuk membahas profesi yang satu ini. 

Menjadi seorang dosen adalah sebuah karir sekaligus panggilan jiwa. Mungkin saat kuliah dulu bapak ibu dosen kita tidak pernah membayangkan bagaimana rasanya menjadi seorang dosen. Nah, ternyata menjadi dosen itu tidak mudah loh gan. Cerita dari seorang dosen , mereka itu dituntut harus selalu siap dengan materi perkuliahan, materi riset dan bahkan alasan untuk ngeles saat tidak tahu jawaban dari pertanyaan mahasiswanya  Kata beliau salah satu yang paling bikin deg-degan adalah saat mereka melihat hasil evaluasi dosen yang diberikan oleh mahasiswa.
Setelah melakukan observasi lebih dalam ternyata mereka (para dosen) ini juga ingin loh untuk menjadi sosok yang favorit di mata mahasiswanya. Nah dosen seperti apa sih yang disenangi sekaligus menjadi favorit bagi para mahasiswanya? Mungkin seperti ini kali ya

1. Tipe yang Murah Nilai
Mahasiswa manapun jika ditanya pasti akan menjawab “dosen yang baik adalah dosen yang memberi nilai A!” jadi, kriteria utama dosen favorit para mahasiswa adalah yang hobi memberi nilai yang bagus.
iasanya dosen tipe ini memberikan beberapa kriteria penilaian yang jelas. Jadi sebisanya jangan sampai karena terlalu murah nilai, mahasiswa yang sudah belajar dengan keras malah jadi merasa tidak dihargai lagi jerih payahnya. 

Untuk itu dosen tipe ini kerap menggunakan keaktifan mahasiswa di kelasnya sebagai salah satu kriteria penilaian. Dengan hal tersebut sang dosen bisa menilai sejauh mana kelasnya memahami materi yang diberikan dan dapat memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan mahasiswanya tersebut. 




2. Tipe yang Ramah Terhadap Mahasiswa

Mahasiswa jelas akan sangat senang apabila sang dosen bersikap ramah terhadap mereka. Namun, seringkali sang dosen terlihat terlalu sibuk dengan tridharma perguruan tingginya  Dan pada akhirnya sang dosen hanya menanggapi sapaan mahasiswanya dengan cara yang ala kadarnya. Nah dosen tipe ini jelas berbeda, mereka akan merasa lebih baik jika lebih banyak tersenyum apabila disapa mahasiswanya, toh pikir mereka senyum kan ibadah 
Lebih lanjut lagi, mahasiswa juga menyukai dosen yang mengenali nama mereka bahkan mengenal secara personal. Biasanya, dosen tipe ini secara personal cenderung mendapat skor evaluasi yang tinggi. Hal ini ane dapatkan dari cerita dosen perdata ane yang kocak banget gan. Beliau ini sering nyeritain kisah-kisah menarik dari mahasiswanya dulu, karena kedekatan hubungan tersebut beliau begitu disenangi oleh mahasiswanya,  


3. Tipe yang Menghargai Hasil Kerja Mahasiswa
Dalam memberikan tugas, “Dulunya” seringkali ane menganggap bahwa sang dosen bakalan nggak sempat memeriksanya, paling cuma dijadikan tugas untuk daftar absen yang nggak penting buat nilai akhir. Nyatanya ini nggak berlaku di Fakultas ane gan. Tidak hanya berlaku di satu dosen di mata kuliah tertentu saja. Namun di semua matkul yang ane dapetin , setiap dosen begitu serius menanggapi tugas tersebut. Faktanya, mahasiswa pasti akan lebih senang ketika sang dosen membahas tugas yang telah mereka kerjakan. Hal ini karena mereka merasa pekerjaaannya telah dihargai.


seorang mahasiswa pernah cerita, kalau salah satu cara dosen tipe ini menghargai hasil kerja mahasiswanya itu adalah dengan meminta mahasiswa tersebut merangkum materi perkuliahanya, kemudian sang dosen akan mengembalikan rangkuman itu dengan menambahkan beberapa catatan kaki. Kurang keren apa ini dosen


4. Tipe yang Mudah Ditemui dan Dihubungi

Mahasiswa jaman dulu pasti pernah dong merasakan menunggu berjam-jam untuk bimbingan skripsi atau meminta waktu di luar jam kuliah sang dosen untuk berdiskusi. Menurut ane, dosen yang mudah ditemui sekarang ini adalah kriteria tipe dosen yang paling diidam-idamkan para mahasiswanya.
Faktanya, mahasiswa kini menginginkan lebih banyak waktu bertatap muka di luar jam kuliah pastinya. Mungkin karena standar penelitian skripsi yang semakin tinggi dan juga banyaknya kegiatan mahasiswa yang membutuhkan pengawasan dari dosen (Untuk mahasiswa semester akhir).

Minimal kalau sang dosen tidak memiliki cukup waktu untuk menemui para mahasiswa bimbingan. Biasanya dosen tipe ini akan senang untuk menawarkan bimbingan yang dilakukan secara virtual semisal dengan bantuan internet, surel, streaming video, video call dan lain sebagainya. Dosen tipe ini terbilang Masya Allah sekali


5. Tipe yang “Pintar”

Mahasiswa zaman sekarang pastinya sudah pintar-pintar, oleh karena itu sebagai dosen jelas tidak boleh kalah pintar. Pintar disini bukan hanya berarti memahami materi yang akan disampaikan, tetapi cara penyampaian materi yang baik adalah hal yang sangat disukai para mahasiswa.
eringkali mahasiswa mengeluh kalau dosennya sih pintar, tapi urusan mengajar kayaknya beliau kurang jago deh. Nah ini biasanya cara menyampaikan materi beliau belum cukup efektif. Mencegah hal tersebut biasanya dosen tipe ini akan melakukan diskusi bareng mahasiswanya saat menyampaikan materi. Sang dosen akan bisa lebih efektif dalam mentransfer ilmunya. Dan hal itulah yang membuat sang dosen dikagumi mahasiswanya.

6. Tipe yang Tidak “Pelit” Ilmu

Kadangkala mahasiswa sering menanyakan pertanyaan yang menurut sang dosen tidak penting, namun sudah seharusnya bagi beliau untuk menanggapi pertanyaan tersebut kan. Jawaban pertanyaan yang baik dan tidak sepotong-sepotong. Ternyata, membuat mahasiswa beranggapan bahwa sang dosen tidak pelit ilmu.
 

Quote:
Faktanya, Mahasiswa jelas belum memiliki tingkat pengetahuan seluas sang dosen. Maka dari itu, dosen yang lebih sabar dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswanya bakal dijamin akan dicintai oleh mereka.

Biasanya dosen tipe ini akan sering membuat buku bahan ajar sendiri agar mahasiswanya lebih mudah mengerti dengan apa yang diajarkan. Dosen pidana ane contohnya. Selain bahasanya yang mudah dimengerti. Jabaran dari buku tersebut dapat didapatkan dengan mudah disaat perkuliahan sedang berlangsung. 


7. Tipe yang Soal Ujiannya Tidak Sulit
Nah, yang satu ini adalah syarat mutlak dari para mahasiswa pastinya. Ya, betul, tidak ada mahasiswa yang menginginkan soal ujian yang sulit, namun terkadang kurikulum memang memaksa sang dosen untuk menanyakan beberapa hal yang mungkin kurang dipahami mahasiswanya.


Quote:
Biasanya dosen tipe ini dapat mengerti sejauh mana mahasiswa yang diajarnya memahami materi perkuliahan yang diberikan. Dan seringkali soal yang dibuat, berdasarkan hasil analisa sang dosen. Sang dosen pun pastinya juga akan mendapat jawaban yang memuaskan dari mahasiswanya. Mahasiswanya pun akan beranggapan bahwa soal ujian yang diberikan tidaklah sulit. 

Secara tidak sengaja, dosen tipe ini biasa menyelipkan kisi-kisi dalam bentuk quiz dan tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa dan dikumpulkan sebelum ujian. Dan Ini dosen perdata ane banget. Walaupun jawaban waktu ujian saat itu ane bisa sampai 4 halaman penuh. Tapi rasanya kayak super gampang gitu. Yah dosen tipe ini menurut ane sungguh sangat diberkahi hidupnya 


8. Tipe yang Mendengarkan Keluhan Mahasiswa
Kadangkala, mahasiswa bingung harus curhat kemana mengenai kehidupan akademiknya, apalagi kalau kehidupan akademiknya serumit kehidupan asmaranya, cieileh  bisa-bisa mahasiswanya malah stress kan, amit-amit di D.O.
Dosen tipe ini biasanya menyempatkan waktunya untuk mendengar keluhan para mahasiswa, baik mengenai kegiatan perkuliahan, penyelenggaraan akademik, sampai hal-hal sepele seperti kelanjutan skripsi mereka atau kegiatan non akademik di kampus gitu setau ane. Yah dijamin mahasiswa yang deket dengan dosen tipe ini bakalan semakin jatuh hati deh


9. Tipe yang Powerpoint-nya Mudah Dimengerti
aman SMA dulu kita merasa powerpoint yang menarik adalah slide yang penuh dengan animasi. Tapi jangan salah, saat duduk di bangku kuliah ternyata mahasiswa lebih suka dengan powerpoint yang mudah dimengerti dan informatif ketimbang powerpoint yang penuh dengan gambar dan animasi tersebut.

Hal ini dikarenakan, menjelang ujian kebanyakan mahasiswa akan belajar dari powerpoint dan handouts dari dosen terkait, ketimbang dari catatan mereka sendiri. Powerpoint yang cenderung ramai malah akan menyulitkan proses belajar mahasiswa. Powerpoint yang efektif dan sudah terseleksi ditambah dengan penyampaian yang baik dari sang dosen membuat dosen tipe ini begitu dicintai mahasiswanya.

10. Tipe yang Humoris

Kalau sang dosen merasa mahasiswanya sering bosan dikelas, biasanya dosen tipe ini sering menambahkan humor-humor selingan di dalam materi perkuliahan. Dengan materi perkuliahan yang segar dan penuh dengan canda, mahasiswa akan lebih cepat memahami apa yang ingin dosen sampaikan.
Ada kalanya juga dosen ini malah terlalu sibuk bercanda sampai melupakan topik yang ingin disampaikan. Namun terlepas dari itu semua, dosen tipe ini jelas tidak diragukan lagi memiliki banyak penggemar diluar sana.

Setelah baca ulasan singkat tadi, apakah di kampus anda ada dosen yang masuk karakteristik seperti di atas? Kalau ada boleh loh dishare, siapa tahu yang bersangkutan merupakan tipe yang up to date alias baca tulisan ini di kaskus. Nah buat pak dosen yang terhormat, tidak perlu khawatir mengenai evaluasi dosen oleh mahasiswa . Ingat, evaluasi kan sarana bagi bapak untuk berkaca dan memahami dimana letak kekurangan dan kelebihan bapak .

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Dreamteknopedia. Diberdayakan oleh Blogger.