SEJARAH DAN ASAL USUL MEME COMIC

-
Saya suka sekali meme comic, setiap hari saya lihat di facebook, fanspage, twitter, instagram dan lain lain dari berbagai macam meme yang selalu berhasil mengocok perut :)
berikut sejarah comic meme yang saya copas dari berbagai sumber, ada juga yang saya translate dari knowyourmeme.com dan kembangkan dengan kata kata sendiri :

Wikipedia says : 


The term Internet meme (pronounced /ˈmiːm/; meem)[1] is used to describe a concept that spreads via the Internet.[2] The term is a reference to the concept of memes, although te latter concept refers to a much broader category of cultural information.

Atau bisa diartikan sebagai :
istilah Internet Meme (dibaca mim) digunakan untuk mendeskripsikan sebuah konsep yang menyebar lewat internet. Istilah ini menjurus pada istilah meme sendiri, walaupun arti sebenarnya dari kata meme menjurus pada konsep atau kategori tentang informasi sebuah kultur secara luas.



1. Troll Face
Fungsi
Ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics Mengekspresikan bahwa seorang karakter dalam komik sedang menjahili tokoh komik lain. Menjahili seorang user (pembaca rage comics/meme)
Sejarah
Troll Face adalah meme yang berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu dari meme ini adalah Whynne (seorang user DeviantART). Yang sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter yang bernama 'Rape Rodent'. Kini,
Gambar diatas pertamakalinya dibuat di MS Paint oleh user bernama Whyne di 4chan yang diupload pada 19 September 2008. Whyne menggunakan gambar ini untuk membuat komiknya yang bernama "Rape Rodent"
Karena tidak semua 'troll' (kejahilan) selalu berhasil, maka diciptakan pula 'failed-troll face' yang mengekspresikan ekspresi sedih karena gagal menjahili.


2. Bitch Please
Fungsi
Menjelaskan untuk meremehkan masukan orang lain. 
Sejarah 
Bitch Please/Yao Ming face salah satu bagian dari Rage Comic dari wajah pemain basket profesional Yao Ming dengan senyumannya.  Gambar ini pertama berasal dari foto Yao Ming pada May 2009. Pada 11 Juli 2010, sebuah post yg dibuat oleh downlow di Reddit, dan menuliskan sedikit deskripsi "Bitch Please"
 3. Rage Guy (FFFFFUUUUUUUU)

Fungsi
Gambar yang menjelaskan ketika seseorang melakukan kesalahan yang membuatnya kesal.
Sejarah
Gambar ini pertama muncul pada komik 4 tabel di 4chan yang dibuat melalui MS Paint dalam komik "Toilet Splashback". 3 Tabel pertama menjelaskan situasi / penyebab dan tabel ke 4 gambar seseorang teriak "FFFFFUUUUUUUU"


4. Forever Alone

Fungsi
Gambar yang mengekspresikan kesendirian dan Kekecewaan terhadap dunia. meme ini biasa buat ngatain orang yang jomblo.
Sejarah
Gambar ini merupakan salah satu gambar terkenal dari bagian Rage Guy comic. Komik pertama dimana terdapat gambar ini muncul dari FunnyJunk dalam komik April Fools 28 May 2010.

variasi
:
5. Me Gusta

Fungsi
Meme Me Gusta berfungsi untuk mengekspresikan rasa senang yang aneh pada suatu keadaan, yang apabila orang lain melihatnya, akan mengira orang tersebut mengalami keterbelakangan mental.
Meme ini juga dapat dipakai untuk mewakili respon suka terhadap sesuatu yang berbau 'sara' (biasanya untuk mewakili ekspresi mupeng

Sejarah
Sejarah
Sebuah Frase Colloquial dari bahasa Spanyol 'Me Gusta' pertama kali diadaptasi dari sebuah rage comic yang digambar oleh seorang ilustrator bernama Matt Oswald yang mengunggah karyanya ke Reddit, 4chan, DeviantART, bahkan pada tumblrnya.
Meme ini sering diadaptasikan sesuai dengan keadaan yang ada pada rage comics yang diceritakan, agar komik tersebut menjadi lebih lucu. Misalnya, frasa 'Me Gusta' diubah menjadi 'Me Baloonsta' atau 'Me Dragonsta', dll.

Variasi dari ekspresi ini adalah 'no me gusta' yang berarti penolakan terhdap sesuatu secara kesal.


6. You Don't Say?


 Fungsi
Meme “You Don’t Say” sendiri berfungsi untuk mengekspresikan tanggapan terhadap: Pernyataan lazim, Pertanyaan retoris yang sudah pasti jawabannya, sehingga
orang yang ditanyai lebih memilih untuk menjawab secara sarkastik.

Sejarah
“You Don’t Say?” adalah cuplikan dari wajah Nicholas Cage dalam filmnya yang berjudul “Vampire Kiss”. Pada scene tersebut, ditunjukkan bahwa Nicholas Cage sedang menanyai asistennya. Karena mimik muka Nicholas yang lucu, akhirnya mimik muka tersebut dijadikan meme pada rage comics

7. Y U NO Guy
Fungsi
Gambar yang menjelaskan untuk menyuruh seseorang dalam melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan tapi tidak dilakukan
Sejarah
Mimik wajah, penuh dengan frustasi dan kekesalan, dapat ditemukan dalam komik Gantz’ Chapter 55: Naked King (裸の王様), yang dikeluarkan pada February 2002 dan ditranslate ke Bhs. Inggris pada Juni 2009
8. Fuck Yeah
Fungsi
Merupakan gambar Stick Figures yang menunjukkan sikap percaya diri, atau berhasil dalam melakukan sesuatu, seperti bangun pagi pagi sebelum alarm menyala.

Sejarah
Pertama kali di post 11 February 2010 di 4cha

 9. True Story
Fungsi
True Story menjelaskan jika cerita/kejadian yang diceritakan merupakan cerita nyata atau diambil dari kehidupan pribadi.
Sejarah
True Story merupakan gambar contour hitam putih dari artis Neil Petrick Harris dalam mempragakan Barney Stinson diambil dari film Stinson, Season 4, Episode 1 "Do I Know you"

10. If You Know What I Mean
Fungsi
Gambar yang menunjukkan jika sesuatu (Perkataan/Lukisan/Illustrasi/dll) memilik arti lain. (Atau Ngeres).
Sejarah
Gambar ini muncul pertama kali di 9gag, dan mulai populer sejak itu.

 11. Poker Face
Kalo 'Poker Face'  ini menandakan seseorang yang pura pura nda tahu apa-apa. Kalo yang 'Bad Poker Face' dia coba buat nyembunyiin sesuatu tapi kurang berhasil.

12. OMG / Oh Crap
Fungsi
Menggambarkan orang yang telah dibodohi atau dikerjai, Terkejut, Menyadari sesuatu, Takjub, Kesal.
Sejarah
Sebenarnya belum diketahui siapa pemilik asli gambar ini, tapi ekspresi ini pertama kali diunggah di rage comic.


13. Bad Luck Brian
Fungsi
Penggambaran orang yang sangat sial.
Sejarah
Sebenarnya belum diketahui siapa tokoh asli orang ini, namun seorang redditor mengaku bahwa tokoh ini adalah dia, bernama Kyle. Ia mengaku foto itu diambil saat ia kelas 7 dan ia pada saat dibawah tekanan kepala sekolahnya.

14. Computer Guy
Fungsi
untuk menunjukan ekspresi ekspresi orang yang kerjaannya di depan komputer.
Sejarah
Sebenarnya belum diketahui siapa pemilik asli gambar ini, tapi ekspresi ini pertama kali diunggah di rage comic.

Variasi

 

15. Cereal Guy
Fungsi
ekspresi 'Cereal Guy' ini gan dipakai kalo seorang rage maker mengutip tentang siaran televisi atau seseorang.
Variasi
 

16. Philosoraptor
Fungsi
Untuk penggambaran pemikiran yang bersifat filosofis.
Sejarah
Pertama kali diciptakan oleh desainer Sam, pada desainer kaos sebuah perusahaan bernama LonelyDinosaur yang tanggal 8 Okteober 2008 ia mematenkan haknya atas desain itu.

17. Obama Not Bad
Fungsi
Mengekspresikan sesuatu yang lebih bagus dari yang dibayangkan.
Sejarah
Diambil pada Mei 2011 saat Presiden Barrack Obama dan Michelle Obama mengunjungi Queen of England di Buckingham Palace


18. Okay Guy

Fungsi
Mengekspresikan sesuatu kekecewaan atau keputus asaan.
sejarah
pada tanggal 15 desember @okayguy_meme twitter mengupload foto dengan caption "The Original Okay Guy"  dengan membandingkan kemarahan komik wajah dengan karakter Toby dari serial televisi komedi The Office.


19. I Lied
Fungsi
"I Lied" adalah gambar jahat tampak berwarna biru dan hitam dari wajah yang sering dimaksudkan untuk menunjukkan ketidakjujuran. dalam beberapa cara sering di definisikan sebagai "White Lie" atau kebohongan yang di perbolehkan.
sejarah
Menurut timeline asal rageface di Reddit, contoh pertama dari 'I Lied' berada di sebuah komik diposting oleh redditor Coveiro berjudul “I was way evil back then” pada tanggal 10 Mei 2011.


20. Neil deGrasse Tyson Reaction


Fungsi
Gambar karakter ini kadang-kadang dikaitkan dengan slogannya “Watch out guys, we’re dealing with a badass over here”  yang digunakan untuk mengejek pernyataan arogan dan sombong yang dibuat oleh pengguna internet.
sejarah
Gambar itu didasarkan dari sebuah wawancara dengan Tyson oleh forum pengetahuan yang diunggah ke YouTube pada tanggal 3 Juni 2011. Reaksi tercengang terjadi ketika Tyson menjelaskan bagaimana Sir Isaac Newton menemukan kalkulus sebelum ulang tahun 26-nya.

21. Face Palm
Fungsi
"facepalming" adalah sikap komunikasi non verbal yang umum sebagai Tindakan menyampaikan pesan kecemasan. Reaksi ini dapat ditunjukan untuk orang lain atau sebagai ekspresi mencela diri sendiri.
Sejarah
Salah satu gambar facepalm paling populer adalah gambar Kapten Jean-Luc Picard dari Star Trek Next Generation yang diambil dari episode "Deja Q," di mana Picard ditunjukkan bereaksi terhadap situasi stres.


22. Grumpy Cat

Fungsi 
Mengekspresikan sikap sarkastik, sindiran dari seekor kucing yang terlihat pemarah dan judes.
Sejarah 
Grumpy Cat adalah julukan yang diberikan kepada Tardar Sauce, kucing snowshoe yang populer di internet setelah beberapa gambar dari ekspresi wajah kesal nya yang diposting ke Reddit pada akhir September 2012. Grumpy Cat lahir di Morristown, Arizona pada 2 April, 2012 dari pemiliknya yangbernama Tabatha Bundesen.

23. Not Sure If
Fungsi
biasanya meme "Not Sure If" selalu menghubungkan sebab (X) dan akibat  (Y). digunakan seperti Not Sure If  (X) bla bla bla.. (Y) digunakan untuk mewakili monolog internal dari seorang yang pemikir.
Sejarah
Futurama Fry adalah gambar dari karakter Fry menyipitkan matanya dari acara TV Futurama. Dalam Season 2, Episode 6 episode Futurama berjudul "The Lesser Dua Evils". karakter Fry dengan dialog "Not Sure if.. " dapat dilihat.


24. I Don’t Want to Live on this Planet Anymore
Fungsi
"I Don’t Want to Live on this Planet Anymore" adalah ekspresi yang sering digunakan untuk menunjukkan jijik atau kecewa dengan orang lain. gambar reaksi sering digunakan untuk  membalas posting orang lain yang dianggap norak atau Alay.
Sejarah
berasal dari sebuah episode dari Futurama berjudul "A Clockwork Asal" yang ditayangkan di Comedy Central pada 12 Agustus 2010. Dalam episode, yang memparodikan perdebatan terkenal penciptaan vs evolusi


25.  Overly Attached Girlfriend

Fungsi
Overly Attached Girlfriend menampilkan gambar webcam dari seorang gadis dan menggambarkan dia seorang pacar yang overprotective.
Sejarah
gambar ini di ambil dari video youtuber berusername wzr0713 Pada tanggal 6 Juni 2012 dari video webcam berjudul "JB Fanvideo" di mana ia melakukan rendition parodi Justin Bieber single terbaru "Boyfriend" dengan lirik pribadi.


 26. Annoying Facebook Girl
 

Fungsi
menampilkan foto seorang gadis remaja memutar matanya dengan mulut menganga, disertai dengan roda warna latar belakang biru dan putih. Teks di gambar meme ini biasanya menggambarkan status update status facebook yang Basi, update status facebook yang ingin di perhatikan namun gagal dan terlihat bodoh atau untuk mengekspresikan aktifitas menjengkelkan di Facebook.
Sejarah
Awal mula meme tersebut yaitu saat diposting di thread 4chan berjudul "Facebook Whore Comics" pada 17 Juni 2010. foto aslinya kemudian diposting ke Reddit pada 2 Oktober 2011.




27. X Everywhere

Fungsi
"X Everywhere" dapat dilihat sebagai indikator untuk tren yang sedang berkembang, atau juga dibaca sebagai keluhan diri sendiri atau keluhan terhadap orang lain, tergantung pada konteks.
Sejarah
Gambar kotoh Buzz dan Woody awalnya diambil dari adegan dialog Toy Story 2 di sebuah rumah.



28. Grandma Finds the Internet

Fungsi 
menampilkan sebuah foto seorang wanita tua melihat layar komputer laptop dengan keterangan mengekspresikan shock dan bingung dengan apa yang ia menemukan di internet. fungsinya sering menyiratkan dia adalah pengguna Internet naif yang bereaksi terhadap video terkenal, situs shock, iklan dan spam dan lain lain.
Sejarah 
Gambar asli di ambil dari foto saham berjudul "Wanita Lansia Melihat Layar Komputer" diambil pada tanggal 21 Desember 2005.



29. Cuteness Overload

Fungsi
sering digunakan untuk menggambarkan respon emosional setelah melihat bayi atau hewan yang dianggap menggemaskan, cerita sedih atau momen yang mengharukan. 
Sejarah
asal usul dari Cuteness Overload telah diposting ke Pics subreddit pada 23 September 2011 sebagai respon terhadap foto anjing muncul untuk minum dari sedotan dengan judul “i’mma just take a sip okay?”



30. Genius

Fungsi
"Genius" adalah karakter dan ekspresi yang digunakan untuk mengagumi kebodohan seseorang. ada beberapa meme yang artinya mirip dengan Genius dan lebih sarkastis seperti "You Don't Say" dan “Watch Out, We Got a Badass Over Here” 
Sejarah 
Awal komik menggunakan karakter Genius disampaikan oleh pengguna berusername Cheezburger di situs komik panel Comixed pada 1 September 2011. Berjudul "Idiot Savant Says ..."



31. Feels Good

Fungsi
gambar manusia tampak sangat puas saat dengan menyentuh wajahnya dengan kedua tangan. Pada 4chan, gambar digunakan untuk mengekspresikan kepuasan dalam menanggapi suatu posting.
Sejarah
gambar dari seorang pria mencuci wajahnya yang sering digunakan dalam iklan perawatan kulit dan postingan di blog. Asal usul gambar itu tidak diketahui tetapi dikabarkan telah diposting di 4chan sekitar tahun 2011.



32. Freddie Mercury Range Pose

Fungsi
Gambar biasanya digunakan untuk menunjukkan sebuah prestasi luar biasa telah dicapai, mirip dengan ilustrasi meme "Fuck Yea"
Sejarah
Foto dari Freddie Mercury mengangkat tinjunya diambil saat konser Ratu pada Newcastle di St James Park pada tahun 1986.


33. Fap Fap Fap Guy

Fungsi
Fap Guy adalah karakter ekspresi wajah tegang disertai dengan keterangan FAP FAP FAP FAP, menunjukkan bahwa ia sedang masturbasi.
Sejarah
The "Fap Guy" wajah berasal dari karakter meme "Now Kiss" yang berjudul “Principal Creepy” yang di posting oleh user FunnyJunk pengguna KingGawjuss pada 16 Februari 2010.





sumber : http://knowyourmeme.com/

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Dreamteknopedia. Diberdayakan oleh Blogger.