BERAPAKAH BIAYA PEMBUATAN ANIME DALAM 1 EPISODE

-
Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris “Animation” dan diucapkan sebagai “Anime-shon”.



Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris “Animation” dan diucapkan sebagai “Anime-shon”.
Berikut proses pembuatan anime:
1. Planning
Saat memulai proses pembuatan animasi, perencanaan menjadi unsur penting. Bentuk animasi seperti apa.

2. Scenario
Setelah perencanaan matang dibuat, maka selanjutnya membuat skenario. Dari sini cerita dibuat dan dikembangkan. Detail karakter juga dijelaskan.

3. Storyboard
Skenario adalah bentuk cerita tertulis sehingga perlu divisualisasikan dalam bentuk gambar, agar tim produksi mengerti sepenuhnya detail cerita dan karakter yang akan dibuat. Di sinilah peran story board diperlukan. Dalam story board ini dijelaskan bagaimana karakter tersebut bergerak dalam setiap adegan. Lalu diperhitungkan pula sudut penempatan kamera, cahaya, bayangan, dan manajemen waktu.

Story board harus selesai sepenuhnya, karena menjadi dasar dalam rapat antara bagian produksi dan bagian gambar.

4. Menggambar
Tahap ini biasanya terbagi menjadi tiga bagian yaitu pembuatan layout, gambar-gambar kunci dan animasi in-between. Dalam proses layout, orang yang bertanggung jawab membuatnya akan banyak memikirkan bagaimana alur gerakan karakter dalam setiap adegan atau detail latar dan masih banyak hal yang lain terkait proses perfilman. Setelah itu, mulai dibuat gambar-gambar kunci. Orang yang bertanggung jawab dalam tahap ini harus menentukan pada titik-titik mana saja pergerakan karakter terjadi. Proses ini kemudian dilanjutkan dengan gambar in-betweenyang mengisi gambar kunci tersebut. Hasilnya, gambar itu sepenuhnya bergerak.

5. Mewarnai
Dulu proses pewarnaan menggunakan cat dan kuas di atas sel-sel yang disiapkan. Tapi sekarang, karena gambar discan dalam komputer, pewarnaan bisa dilakukan dengan cara digital. Pewarnaan ini penting untuk memberikan nuansa dan efek pada animasi tersebut.

6. Filmnisasi
Tahap ini menyatukan dan merekam seluruh gambar yang sudah disiapkan. Pada proses ini gambar-gambar itu bergerak dan ditambahkan visual efek jika diperlukan. Dulu, animasi tercipta dari hasil memotret frame satu ke frameyang lain. Tapi sekarang sudah menggunakan komputer. Tahap selanjutnya setelah animasi itu menjadi film utuh adalah pengisian suara. Pengisian suara untuk setiap karakternya mulai dimasukkan. Begitu juga efek suara yang lain. Lalu berapa biaya produksi anime per episode? Semua pasti suka nonton anime Voltus, Jeeg, Dragon Ball,Doraemon, One Piece, dll.

Meskipun industri animasi AS dan Eropa sudah mengadopsi teknologi 3D bukan berarti anime yang masih menggunakan teknologi animasi 2D ditinggalkan penontonnya.
Dari hasil selancar di dunia maya, biaya produksi anime adalah 11 juta Yen/episode atau kurang lebih Rp 1,32 milyar/episode dan untuk 1 season – 12 episode menghabiskan biaya Rp 15,84 milyar. Biaya produksi ini terdiri dari :
Original work – 50,000 Yen ($660) – Rp 6 jt
Script – 200,000 Yen ($2,640) – Rp 24 jt
Direction – 500,000 Yen ($6,600) – Rp 60 jt
Production – 2 million Yen ($26,402) – Rp 240 jt
Animation Supervision – 250,000 Yen ($3,300) – Rp 30 jt
Original Art – 1.5 million Yen ($19,801) – Rp 180 jt
Animation – 1.1 million Yen ($14,521) – Rp 132 jt
Post-production – 1.2 million Yen ($15,841) – Rp 144 jt
Art (backgrounds) – 1.2 million Yen ($15,841) – Rp 144 jt
Photography – 700,000 Yen ($9,240) – Rp 84 jt
Sound – 1.2 million Yen ($15,841) – Rp 144 jt
Materials – 400,000 Yen ($5,280) – Rp 48 jt
Editing – 200,000 Yen ($2,640) – Rp 24 jt
Printing – 500,000 Yen ($6,600) – Rp 60 jt

Satu episode anime rata-rata terdiri dari 25 menit atau sekitar 37.500 frames. Jika biaya produksi anime adalah Rp 1,3 milyar/episode, maka biaya produksi anime per menit adalah Rp 52,8 juta/menit atau Rp 35.200 per frame.
Berikut ini daftar biaya produksi anime per episode:
1962 – Astroboy: Rp 252 juta/eps
1982 – Macross: Rp 660 juta/eps
1995 – Evangelion: Rp 750 juta/eps
2000 – ZOIDS: Rp 1,09 milyar/eps
2002 – Gundam SEED: Rp 3 milyar/eps
2004 – Gimdam SEED Destiny: 3,96 milyar/eps
2007 – Gurenn Lagann: Rp 1,3 milyar/eps

Mari kita bandingkan dengan biaya produksi animasi barat:
1987 – Ducktales: Rp 5,2 milyar/eps
1999 – Spongebob Squarepants: Rp 6,7 milyar/eps
1999 – Futurama: Rp 12 milyar/eps
2005 – Avatar: The last airbender: Rp 13,2 milyar/eps

Jadi bisa kejawabkan kenapa animasi di Indonesia cukup berat untuk bisa “Go International”. Dan terjawab pula kenapa banyak animator lokal akhirnya lebih memilih berkarir di l


BACA JUGA :

Ini Penyebab Sinetron Tidak mendidik Masih Saja Ditanyangkan

96 komentar:

  1. kenapa mahal sekali , apa tidak bisa murah saja , kan cuma modal komputer dan alat gambar .. mungkin promosinya yang mahal ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kru nya banyak, tiap kru perlu komputer, tiap komputer ada biayanya, belum lagi biaya listrik air jasa sewa gedung dsb, pakai logika lah
      lu mau murah bikin aja sendiri

      Hapus
    2. otak lu kemana ? :| kalo emang cuma komputer dan alat gambar kenapa gak lu aja bikin sana ? what logic

      Hapus
    3. kenapa orang goblok itu sok tahu ya....:v emang segampang itu bikin animasi :v,bikin animasi dirasi satu menit aja butuh waktu yg lama jika di kerjakan dalam tim kecil :v,ngakak baca koment lue tong2 gk ngerti apa2 sok ngerti production animasi :v

      Hapus
    4. wey coeg kuliahnya aja mahal, beginih orang yg taunya nikmatin hasil bajaknya doang

      Hapus
    5. Gambarnya aja udah susah, lama pula. Bruh plis, don't bait here.

      Hapus
    6. Enak banget ngomongnya "...apa tidak bisa murah saja..." murah? tempe goreng murah!

      Hapus
    7. Enak banget ngomongnya "...apa tidak bisa murah saja..." murah? tempe goreng murah!

      Hapus
    8. klo lho ga paham seni design,,ga usah asal ngomong....

      Hapus
    9. Rata2 Mereka pake gambar manual gan..... bukan digital :3 pake Kertas....
      pewarnaan terkadang ada yg pake digital

      seni kalo di jual ato di pasarkan sudah bukan seni lagi... melainkan itu Produk :3

      Hapus
    10. modal komputer? oke mari kita hitung kalo pake komputer.

      1 unit PC utk animate bs habis sekitar 20-30 jutaan. (ada alasannya knp lbh baik pake harga spek yg segitu, gak bs pake pc yg lu pake skrg resiko bs kebakaran dan terkadang bs lbh mahal dari itu.)

      taro lha ada 50 org dalan tim tsb berarti 50 x 20 jt aja 1 miliar kan? oke kalo pengen dibilang itu modal silakan tapi 5 taon kemudian ganti gak? ini pc lho bukan kyk mobil lu bs beli jual sekon harga gak terlalu jatoh.

      lalu dgn pc yg lu pake 50 biji ini masing2 katakan abis 500 watt brp bayar listriknya? gak mungkin 1 juta per bulan lha... pasti bengkak. katakan 10 juta per bulan. artinya setaon 120 juta.

      lalu gaji mau berapa? 1 juta perbulan? (red: kalo ada yg mau dibayar segitu) oke katakan lha segitu berarti per bulan buat gaji 50 juta per bulan artinya setaon 600 juta.

      sekarang jadi pc 1 miliar + listrik setaon 120 juta/taon + gaji 600 juta/ taon = 1,720 miliar harus lu siapin, belum bayar tempatnya entah ngontrak ato beli, belum itung2an manajemen, dll. kualitas suka2 lu deh... nah segitu murah gak?

      Hapus
    11. kalo itungannya lu sendiri yg ngerjain sok aja lakuin... tp pertanyaannya bs beres gak?? kekejar gak??

      Hapus
    12. Please... Yoan Logic baca lagi dong komen2nya teman2 ini,

      banyak yg ngatain kamu bodoh lu, jahat bngt mereka yaah...

      kan kamu gak bodoh, hanya otak lu yg murah... wkwkwkkw

      Hapus
    13. Komen anda seolah-olah mengatakan bahwa bikin anime itu gampang, segampang bikin gorengan trus harganya ditawar-tawar. Gak menghargai sekali anda. Menyebalkan.

      Hapus
    14. blame everywhere, gegewepe,, end pls

      Hapus
    15. Klo mau murah bikin bokep aja.. Modal Henpon doang.. Gak pake kru banyak, gak pake dubber, gakpake editor, cuma perlu gambar aja.. Memggambar situasi.. Biar gak keba grebeg.. 😂😂😂😂

      Hapus
    16. Klo mau murah bikin bokep aja.. Modal Henpon doang.. Gak pake kru banyak, gak pake dubber, gakpake editor, cuma perlu gambar aja.. Memggambar situasi.. Biar gak keba grebeg.. 😂😂😂😂

      Hapus
    17. Wkwkwk vvibu lu semua tanggepan lu sama ts berlebihan dia nanya apakah bisa murah apa tidak tinggal jawab tidak gak perlu ngomong bidoh segala dasar otak nippon!!

      Hapus
    18. kasian, padahal dia cuma nanya tapi yang lain jawab kasar kasar -_-

      Hapus
    19. orang yg tau susahnya nggambar cuma org yg nggambar dan yg mengamati org yg nggambar =..=
      sementara penikmat cuma tau hasil jadinya aja

      Hapus
    20. Yg comment namanya Yoan Logic...

      Yoan itu siapa ?
      Pantes ga make sense,wong Yoan aja ga jelas :v Logicnya ga nyampe #NGEEENG

      Hapus
    21. kl mau murah, bikin aj gambar gerak, dari kertas, nah situ gambar2 dah sesuka hati, tapi gk semua org bisa puas pas lihat hasil karyamu, kyknya murah itu, cm kertas, alat gambar, dan imajinasi, siip dah

      Hapus
    22. murah download nya gan, buat animasi ne setengah tidur (bukan setengah mati ), respect animator, it's not just an art, it is own world.

      Hapus
    23. nah komentar kalian lah yg ga bisa membangun,,, dia tanya & jawab secara dewasa lah,, bukannya menjatuhkan

      Hapus
    24. Jangan dibully dong, dia kan nanya. Tinggal jawab ajah. Semua butuh biaya yah mas loan logic, bahkan sebelum bekerja pasti mereka kuliah dengan biaya yang besar, Komputer saja kalo rupiah mungkin puluhan juta per unit, belum softwarenya pasti ori, gak kayak di indonesia pada bajakan. Kalo gak salah inget 1 windows itu harganya 3jt loh, misal photoshop itu sekitar 12jt hanya untuk 1 pc yah itu. Blum biaya gedung listrik dll.

      Mudah2an anda mengerti. Dokter saja cuman modal stetoskop kok bisa 100rb cuman buat ngobrol? mungkin analoginya seperti itu mas yoan logic

      Hapus
    25. seru sekali ngebales doang haha

      Hapus
    26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    27. haha baguuuuss !!
      hajar teruuusss !!
      jgn beri ampuuunnn !!!
      asah terus sifat "WIBU" kaliaaan !!


      2016 sudah didepan mata masih ada aja "low life people" macam kalian....freak

      Hapus
    28. ahahaha sarkas yang sering gw denger

      Hapus
    29. Ralat :
      "Jadi bisa kejawabkan kenapa animasi di Indonesia cukup berat untuk bisa “Go International”. Dan terjawab pula kenapa banyak animator lokal akhirnya lebih memilih berkarir di luar negeri."

      Jangan nyalahin masalah modal kenapa animasi indonesia gak bisa go international, orang orang nya aja kayak gini, nanya dikit langsung asal kena sirem comberan comberan orang orang gini, berani nya ngebully lewat dunia maya, klasik

      Hapus
    30. sedih kali jadi bahan bully, makanya lain kali kalau mau coment mikir dulu dong, masa kamu blng hanya modal komputer ama alat gambar doang,.. pasti kamu gk baca artikel yang di atas ya semua nya butuh biaya, bukan hanya komputer ma alat gambar doang.... emang kamu mau gk di gaji, listrik and gedung gk prlu keluar biaya emangnya.. hidup di tahun berapa sih lu

      Hapus
    31. Original work – 50,000 Yen ($660) – Rp 6 jt
      Script – 200,000 Yen ($2,640) – Rp 24 jt
      Direction – 500,000 Yen ($6,600) – Rp 60 jt
      Production – 2 million Yen ($26,402) – Rp 240 jt
      Animation Supervision – 250,000 Yen ($3,300) – Rp 30 jt
      Original Art – 1.5 million Yen ($19,801) – Rp 180 jt
      Animation – 1.1 million Yen ($14,521) – Rp 132 jt
      Post-production – 1.2 million Yen ($15,841) – Rp 144 jt
      Art (backgrounds) – 1.2 million Yen ($15,841) – Rp 144 jt
      Photography – 700,000 Yen ($9,240) – Rp 84 jt
      Sound – 1.2 million Yen ($15,841) – Rp 144 jt
      Materials – 400,000 Yen ($5,280) – Rp 48 jt
      Editing – 200,000 Yen ($2,640) – Rp 24 jt
      Printing – 500,000 Yen ($6,600) – Rp 60 jt

      kan udah jelas perincian harga masa di bilang modal komputer ama alat tulis doang

      Hapus
    32. woyyy emng lu kira jd Animator hebat itu mudah? emng lu bisa apa sombong amat sih lu >_<

      Hapus
    33. Saya buat animasi sendiri aja mati matian pedahal cuma buat stickman jalan,lari, sama loncat belajar bertaun" baru bisa :v

      Hapus
    34. Jadi apa yg bisa kita petik dari perdebatan ini?
      "Kalo comment hati" klo gak mau di bully orang 1 kampung"
      Super sekali

      Hapus
    35. Tenang sodara-sodara TS kan nanya baik-baik, gak usah sampe dibully lah..

      Hapus
    36. wahai makhluk hidup yg entanh binatang atau sejenisnya.
      go fuck ur small dick retarded.

      Hapus
    37. Rinciannya biayanya padahal udah dibuat di tulisan artikel. Masih ditanya juga kenapa mahal, ngajak berantem?

      Hapus
    38. Rinciannya biayanya padahal udah dibuat di tulisan artikel. Masih ditanya juga kenapa mahal, ngajak berantem?

      Hapus
  2. 1detik butuh 25gbr di bilang gampang... ajuuur...

    BalasHapus
  3. Bisa aja murah, di Indonesia harga per episode sekitar Rp 40-80jt, tapi ya hasilnya masih belum bisa "ngejar". Di malaysia minimal Rp 150jt/ episode.
    Untuk produksi animasi 3d yg termasuk "serius", harga komputernya minimal 30 jt (http://www.boxxtech.com/products/workstations/apexx-workstations); harga software (1 PC = 1 software) sekitar 40jt; kursus animasi online di animationmentor per class sekitar 20jt; SDM yang dibutuhkan sekitar 20-30 orang; ditambah yang paling penting adalah nilai skill keahlian SDM.

    BalasHapus
  4. Artikel yg keren dan sangat membatu sekali...terimakasih banyak bro...

    BalasHapus
  5. Artikel yg keren dan sangat membatu sekali...terimakasih banyak bro...

    BalasHapus
  6. Mungkin kalo yang indonesia perlu buat yang durasinya pendek dulu ��

    BalasHapus
  7. Woow...ane baru tau niih...makasi infony gan 😀😀

    BalasHapus
  8. Woow...ane baru tau niih...makasi infony gan 😀😀

    BalasHapus
  9. kalo sumber dana nya dri mna tuh? (detail)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan setiap kali nonton anime akan ada yang namanya, acara ini dipersembahkan oleh sponsor-sponsor berikut, itu yang mendanainya besar, belum lagi yg nggak diliatin

      Hapus
  10. dengan harga segitu sih wajar aja produksi suatu anime memakan waktu,biaya,dan tenaga yang cukup banyak :)

    BalasHapus
  11. Wah, makanya kartun banyak yang dihapus. Biar dompetnya KPI bisa tambah tebel ternyata...

    BalasHapus
    Balasan
    1. "I don't waste all those People's time, bitching, & Moaning, & Bitching, & Bitching, & Bitching, etc etc etc"
      -CM Punk-

      Hapus
  12. semua di jelasin di artikel ini, keren (Y)
    tapi kadang studio studio anime gk banyak untung / cuman bisa dibilang cuman balik modal dari biaya produksi nya, karna yaa mahal bgt itu. kalo kalian nonton anime "Shirobako" sebagian tata cara proses pembuatan anime juga di jelasin disitu kok :3

    BalasHapus
  13. Klo anime macem no game no life atau one punch man gitu habis brapa kira"

    BalasHapus
  14. Apa Emang Gituh Vroh, Akh Perasaan Gak SegampanX Itu :v

    BalasHapus
  15. Akhirnya terjawab juga pertanyaan gw ,thanks bro infonya ..

    BalasHapus
  16. inilah anak indonesia ... cuma tau saling mengkritik dan menjatuhkan ,,,, anak indonesia ,,, tak usah takut biaya ,,,, kalu mau buat anime ,,, berusaha nd usah saling komentar yang ng ada manfaatnya ,,,,

    BalasHapus
  17. gak kebayang pembuatan anime Fate/stay night yang keren gitu grafik nya :'v

    BalasHapus
  18. gigi lu gendut !!
    Sekolah animasinya aja mahal woy, bikinnya juga rumit. ane lulusan multimedia nih, ane bikin animasi 1 menit aja kayak mau pecah pala. bayangin, untuk menghasilkan gerakan animasi yang halus 1 detik 25 frame! kaliin deh tuh berapa menit animenya. So, wajar lah kalo film dijual mahal bingaw. Sebanding sama proses ngerjainnya. Alat2 buat bikinnya geh mahal. Jangan kira cuma 1 set komputer doang trus simsalabim jadi bisa ngasilin animasi keren. Kalo komentar suka ngaco itu hahah 😄 👎

    BalasHapus
  19. trimakasih atas penjelasanya , setidaknya kalo di jawab dengan tenang mungkin lebih baik .. koment itu saya buat dari sudut pandang orang bodoh agar mendapat jawaban sederhana juga ,tapi kalo itu ternyata menyinggung bebeapa pihak saya mohon maaf ... kalo yang berprofesi jadi pembuat anime itu merasa di rendahkan maka saya maaf lagi ,saya juga bagian dari itu ( saya tukang gambar) maksud lain saya adalah agar jangan terlalu takut dengan biaya yang tinggi , kita berpikir sederhana saja dan langsung berkarya ,jnganmudah WOW dan tkut dengan biaya .. semua di sederhanakan saja .. ini maksud saya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbnernya agan ngerti apa nggak sih kalo bikin animasi itu memang mahal? sebuah karya itu gk ada yg murah gan.. buatnya pake otak dan keringat gan.. bukan nyemprot sperma ke monitor terus langsung jadi..

      Hapus
    2. lu makan nasi sepiring juga mahal,, coba aja dihitung dari awal,, lo beli sawah 1 hektar, trus beli traktor, garap sawah, nanam, butuh 4 bulan sampai panen,, trus padinya digiling dulu, baru berasnya dimask, habis itu lo makan deh,, mungkin kalau lo ngerjain gak sanggup, tapi petani itu hal kecil karena itu frofesinya. Apapun pekerjaan itu kalau memang itu profesi lo pasti akan mudah dikerjakan,, pesawat ruang angkasa aja bisa dibikin, jantung aja bisa dicangkok,, bikib animasi kan gak mesti otak lo sepinter Albert Einstein,, hehehe maaf.

      Hapus
  20. Cuma modal komputer dan alat gambar?

    Intinya MAHAL krn bkn cm modal komputer dan alat gambar. Modal SDM berkualitas, teknologi mutakhir dan waktu.

    Yg murah ya bisa, tp cm mentok di "sekedar karya" dgn durasi 1 menit utk karya UAS Animasi 2D :))

    BalasHapus
  21. Nice Artikel SOb :D

    http://www.radiator69.tk/

    BalasHapus
  22. BAIT berhasil, yang comment jadi banyak wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  23. biaya buat animasi indonesia ngak sebanyak itu upah animator indonesia juga ngak sebanyak artikel di atas

    BalasHapus
  24. ternyata jawaban aq terjawab wkwk 1 episode berdurasi 1/2jam membutuhkan -+ 30000 frame dan itu cuma seminggu deadline nya pantasaan Masashi Kishimoto di opname bolak balik di rumah sakit

    BalasHapus
  25. anime Hentai berapaan yah biayanya per episode?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwaokwaokwaokwaowaowaowawawa

      Hapus
    2. Lebih murah lah, sedikit yang mau keluar duit banyak buat bikin hentong.

      Hapus
  26. JASA PEMBUATAAN & VERIFIKASI PAYPAL, NETELLER VIA VISA/MASTERCARD FULL AKSES.

    PayPal terverifikasi dengan menggunakan kualitas di atas VCC Umum, VCC Murah, VCC Biasa, VCC Reguler, VCC AVS, yaitu Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Sesuai Identitas Asli.

    Dengan Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Full Akses, maka yang Anda dapatkan adalah:
    – Full akses ke bank penerbit virtual prepaidnya.
    – Full akses ke virtual prepaidnya.
    – Dapat username dan password virtual prepaidnya.
    – Nama kita sesuai KTP/SIM tertera di badan virtual prepaidnya.
    – Bisa direload/isi ulang atau top up virtual prepaidnya.
    – Masa aktif 3 tahun resmi visacard/mastercard.
    – PayPal sekali terverifikasi maka seumur hidup terverifikasi.
    – Dapat card statemen atau transaksi histori resmi.
    – Bank penerbit virtual prepaidnya terlink ke PayPal jadi aman.
    – Bisa belanja online disemua merchan VisaCard/MasterCard.
    – Bisa FB ADS, Goole Playstre.
    – Dll.

    Bukti pelayanan dan ke profesionalan saya:
    https://www.facebook.com/nababan.nerdi/posts/10203433167769634/

    Group FB:
    https://www.facebook.com/groups/854978171227659

    Kriteria Penjual VCC PayPal yang Aman dan Terpercaya (Adblock Plus dimatikan agar linknya bisa dibuka):
    http://ads.id/forums/showthread.php/166259-Share-Kriteria-Penjual-VCC-Paypal-yang-Aman-dan-Terpercaya

    HP: 085761117413 (WA) | 085310709525 (SMS ONLY)

    SALAM.
    VIRTUAL PREPAID VISACARD/MASTERCARD RESMI SESUAI IDENTITAS ASLI.
    VCC KHUSUS FULL AKSES.

    BalasHapus
  27. Klo indonesia mau maju cobalah beli poradak buatan indonesia sendiri dulu klo itu dunia animasi beli lah komik2 lokal dahulu seperti REOne Komix dln klo mereka laku keras pemerintah akan antusias

    BalasHapus
  28. Setidaknya di jawab dengan baik dan halus bro semua.. Yoan Logic masih belum mengerti biaya yang di keluarkan ntuk mbuat anime jepang..
    apa cuma gue yang JENGKEL pada anak anak yang udah tau, tapi bicaranya KERAS/ tanpa etika saama sekali ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bang, yang kebanyakan bully kurang baca, diduluin cakap baru baca

      Hapus
  29. jangan marah marah mari ramah ramah

    BalasHapus
  30. sok sekali mentang2 udah tau nge bully orang aja bisanya lu juga pada penikmat jadi gak usah sok2 an nge bully orang cman gara2 dia koment gitu doank dan komenan dia gak nge hina lu pada

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. ask,kalo anime naruto itu kisaran berapa ya gan?,mohon jawabannya.thanks

    BalasHapus
  33. ooooo jadi ini sebabnya....

    http://www.tafshare.com/2016/05/donasi-ramadhan-di-kampung-jamaah-shalahuddin-ugm-1437-h.html

    BalasHapus
  34. yaaaa kalo malaha itu udah jelas lah mz sekarang aja Editor handal butuh PC yang Handal setidak nya intel i7 dan VGA setara Nvidia GTX 970 +++ kalo di inget inget harganya cukup mahal kalo build pc segitu kira kira habis 65 Juta untuk satu PC bayangin kalo yg kerja ada 25 25x65=1625=1.625.000.000 hmmmmmmm itu baru 25 orang sedangakan tau anime Gakusen Toshi Asterisk gk anime yg berkerja sama dengan Kadogawa Dan Juga Amerika itu per eps nya udah nyampe 2,5M jadi tolong jangan bilang seenaknya anime itu bukan sinetron tapi anime itu adalah hasil usaha jerit payah orang yg menggambar dan di visualisasikan kedlam sebuah anime/tayangan, lalu tau anime hentai gk anime hentai aja 1 eps nya bisa ampe 1 miliar walaupun itu hentai tapi juga sama sama mahal jadi think before you said

    BalasHapus
  35. Bully 😡, mending di nasehati nanti juga ngerti bang!! lebih adem liatnya juga

    BalasHapus
  36. Gimana One piece sama Conan Yakk udh 750++ udah nyampe triliun yakk -_-

    BalasHapus

Dreamteknopedia. Diberdayakan oleh Blogger.